1.S O A L : Berapa tahun tandanya orang baligh ?
J A W A B :
Ada tiga :
1. Umur lima belas tahun bagi pria & wanita
2. Mimpi keluar mani bagi pria & wanita.
3. Haidh bagi wanita yg telah umur 9 tahun
Ada tiga :
1. Umur lima belas tahun bagi pria & wanita
2. Mimpi keluar mani bagi pria & wanita.
3. Haidh bagi wanita yg telah umur 9 tahun
Keterangan : Kitab Hamis Kasifatu saja hal 16.
وعبارته
: علامات البلوغ ثلاث : تمام خمس عشرة سنة في الذّ كر والانثى والاحتلام في الذكر والانثى لتسع سنين . والحيض في الأنثى تسع سنين
2.S O A L:
Menggosok anggota wudlu
dengan kaki apakah dapat menghasilkan Kesunahan?
J A W A B : Dapat menghasilkan kesunahan.
Keterangan
:
1.
Madzahibul arba’ah juz 1 hal 112 – 113.
2.
Al jama juz 1 hal 1
وعبا
رته : فلود لك جزاء من جسمه بدراعه اووضع احد رجله على
الاخر ودلكها بهافانه يجزئه ذالك ولا يشترط في الدلك عندهم ان يكون بخصوص اليد .
3.S
O A L :Apakah terkejut
bisa membatalkan wudhu ?
J A W A B : Tidak membatalkan wudhu, karena terkejut tidak menghilangkan Akal.
Keterangan
: Hamisyi Ia’nah juz 2 hal
وعبارته
: وثمنها [ جلوس بينهما ] السجدتين ولو في نفل على
المعتمد ويجب
ان لايقصد برفعه غيره فلو رفع فزعا من نحولسع عقرب اعاد السّجود. هـ
ها مش اعانة الطا
لبين الجز ۲ ص ۱٦٦
4. S O A L
:
Tafsir
yang jumlah hurufnya lebih sedikit dari huruf Alqur ‘annya kemudian diberi ma’na
gandul sehingga hurufnya melebihi alqur’an apa kah tetap haram jika dipegang atau dibawa orang yang hadas ?
J A W A B
:
Tetap haram karena
ma’na gandul tidak sama
dengan tafsir.
Keterangan : Nihayatuzzain hal 33.
وعبارته:
ونصه : اما ترجمة المصحف المكتوب تحت سطوره فلا تعطى حكم التّفسير بل تبق للمصحف لحر مة مسه وحمله كما افتى به السيد احمد دخلان.
5 .S O A L.
Sering
dg kemajuan tehnologi canggeh semuanya
serba computer dan kini muncullah computer al qur an. Apakah
computer Al qur an sama hukum nya
dengan Al qur an yang asli ?
J A W AB.
komputer
Al qur an tidak bisa disamakan Al qur an,
sebab tulisan Al quran dalam computer hanya merupakan pancaran
sinar, tidak merupakan tulisan Al
qur an.
Keterangan: Nihayatul Muhtaj
juz 1 hal 124.
وعبارته
: ويوٌخد منه انه لو نقش القران على خشبة وختم بها الأ وراق بقصد القرأن وصار يقراء الحرمة وليس في الكتا بة ما يقض بالمقض على صورة حرف القرأن في وراق اوقماش فلا يحرم
6. S O A L :
Batalkah wudhu nya laki2 yg menyentuh laki laki lain yang telah di
Batalkah wudhu nya laki2 yg menyentuh laki laki lain yang telah di
ganti alat kelaminya ?
J A W A B:
Tidak
batal .karena telah diyakini bahwa keadaanya tidak berubah.
Keterangan
: Bujairimi
Ala khotib juz 1 hal 186 – 187.
وعبارته:
وقع السؤال عما لو تطور ولي بصورة امرآة اومسخ
رجل امرآة هل ينقض اولا فأجيب عنه بان الظا هر في في اول عدم النقض للقطع بان عينه لم ينقلب وانّما الخلع من صورة الى صورة مع بقاء صفة الذكورة وامّا المسخ فالنقض به محتمل لقرب تبدل الصفه دون العين.
7.S O A L :
Air yang
kurang dari 2 kolah
untuk memelihara ikan, apakah bisa Meng sucikan
?
J A W A B: Bisa mengsucikan. termasuk najis yang
ma’fu.
Keterangan
: Kasufatu saja. Hal 20
وعبارته
: القليل حكمه يتنجس بوقع النجسة المنجسة
يقينا فيه وان لم يتغير الى
ان قال وخرج بنجسه المنجسة النجس االمعفو عنه لميتة لادم لها سا ئل ونجس لايدركه طرف معتدل حيث لم يحصل بفعله الى
ان قال : والسّمك لم يغيّر المأ
ولم يضعه فيه عبثا
8.S
O A L:
Orang
wanita yang operasi jadi orang laki2,bagaimana aurotnya ?
J A W A B : Aurotnya
tetap wanita.
Keterangan
: Al Bujairimi Al khotib
juz 1 hal 186
- 187.
وعبارته
: وقع السوءال عما لوتطوع ولي بصورة امراة اومسخ رجل
امراة هل نيقض اولافاجيب عنه بان الظاهرفي الآول عدم النقض للقطع بان عينه
لم ينقلب, وانّما
الخلع من صورة الى صورة مع بقاء الصفة الذكورة. واما المسخ فالنقض به محتمل لقرب تبدل العين مع انّه قد يقال فيه بعدم النقض ايضا لآحتمال تبدل
الصفة دون العين . غ. ش على . م ر .
9. S O A L
:
Bersin
hingga bergerak dengan keras apakah membatalkan
wudhu
J A W A B
:
1.Tidak
membatalkan, apabila gerak nya tidak di sengaja.
2. Batal
apabila geraknya badan disengaja.
Keterangan
: 1. Hamisy I’anah juz 1 hal 216.
2. Kasifatu saja hal 25 – 26
وعبارته:قال
شيخنا:ويؤخذ ان من ابتلي بحركة اطرارية ينشاءعنهاعمل كثير سمخ فيه [ قوله الوسبة الفاخشة ] وكدا تحر يك كل اليد
اواكثره ولو من نقل قد ميه
10. S O A L :
Bagaimana
hukum nya wanita setelah melahirkan setiap dipakai Ruku’ mengeluarkan angin
dari farji / qubul.?
J A W A B : Batal sholat nya sebab wudhu nya batal.
Keterangan
:Minhajul Qowim hal 15.Kasifatusaja hal 25–26
وعبارته
: نواقض الوضؤ اربعة لاغير. الآول الخارج من احد السبيلين يعنى خروج شيئ من قبله او دبره على أي صفة كان ولو من نحو عود اودود أخرجت رأسها
وان رجعت وعبارته : فصل : نواقض الوضؤ اربعة اشياء : الآول الخرج من احد السبيلين من قبل اودبر ريح أي سوء خرج دالك الريح من القبل اوالدبر
11. S O A L :
Seorang wanita yg keputihan apakah bisa
disamakan dengan daimul hadas ? Terus bagaimana caranya melaksanakan sholat ?
J A W A B :
Bisa disamakan daimulhadas kalau keluarnya
terus menerus caranya sholat dibasuh farji
nya dulu lalu dibalut, terus
wudlu dalam waktu sholat
dan cepat2 melaksanakan sholat. tapi kalau
keluar nya tidak terus
menerus,disamakan orang kencing.
Keterangan : Fatawi kubro Juz 1 hal 166.
Keterangan : Fatawi kubro Juz 1 hal 166.
وعبارته :سئل رضي الله عنه هل يؤفى عن قليل البول وغيره من السلس وغيره أبسطوالنا الجواب فأجاب
بقوله حرج الاصحاب بأن سلس البول والمذي وغيرهما كالمستحاضة
12. S O A L :
Bagaimana hukumnya air banyak[dua qolah atau
lebih] yg kejatuhan najis,
kemudian
sebagian berubah sebagian tidak ?
J A W A B : Air
yg berubah hukumnya najis, sedangkan yg tidak berubah hukumnya
suci. kalau air ter sebut ada dua qulah.
Keterangan ; Kitab. Fathil Wahab jus 1 hal. 4.
وعبارته: أمّااذا غيّربعضه فالمتغيّر نجس وكذا
الباقي ان لم
يبلغ قلتين.اهـ
Bagaimana
hukumnya air sedikit yg digunakan untuk memelihara ikan
dan ikan tersebut mengeluarkan kotoran di dalam nya ?
J A W A B :
Hukum
nya air tersebut najis, Akan tetapi dima’fu bila air tersebut tidak berubah
dan pemeliharaan ikan tersebut memiliki tujuan (tidak main main.)
Keterangan
; Kitab Kasifatus Saja hal. 20
وعبارته : وخرج بالنجاسة المنجسة النجس المعفوعنه كميتةلادم لها سائل الى أن قال وروث سمك لم يغير الماء ولم يضعه عبثا
14. S O A L :
Apakah air sedikit yg sudah digunakan mandi
sunat sebagai mandi
jum’at di hukumi musta’mal.?
J A W A B :
Tidak dihukumi musta’mal.
Keterangan
; Kitab.
Minhajul Qowim hal 6.
وعبارته: ولو غمس
المحدث يده في الأناء قبل غسل الوجه أوبعده وقصد الاغتراف لا يصير
مستعملا
15. S O A L :
Ada orang mandi atau wudlu,setelah selesai
perasaanya mamang/ragu terhadap niyatnya,hal tersebut apakah wajib
kembali mandi/wudlu lagi?
J A W A B :
Wajib
kembali mandi atau wudlu lagi .
Keterangan : Qolyubi
Juz 1 hal 66.
وعبارته:ولوشكّ المغتسل بعدالغسل في نيته
وجب اعادته كالوض
16. S O A L :
Apakah di ma’fu (di maafkan) najis yg berupa
darah,yg melekat pada daging,kemudian dituangi air, lalu di masak?
J A W A B :
Di ma’fu, bila penuangan air tersebut untuk
memasak,sedangkan bila tujuan
nya untuk menyuci, maka tidak dima’fu.
Keterangan :
I’anatut Tholibin juz 1 hal 83.
وعبارته: قوله
لكنه اى ما بقي على نحو عظم قوله معفوعنه اى في الاكل وان اختلط بماء الطبخ وغيره
وكان وارداعلى الماء نعم ان لاقاه ماء لغسلة اشترط زوال اوصافه قبل وضعه
في القدر
17. S O A L :
Ada seorang
yang memakai baju
terkena darah nyamuk dalam keadaan badanya basah, Apakah di ma’fu darah tersebut
?
J A W A B :
Dalam masalah ini Ulama’ beda pendapat, menurut
Imam Mutawali darah
tersebut dima’fu, sedangkan menurut
Syeh Abu
Ali tidak di maa’fu.
Keterangan
: I’anatut Tholibin juz 1 hal 101 .
وعبارته : واختلف
فيمالولبس ثوبافيه دم براغيث وبد نه رطب فقال
المتولّى يجوزوقال ابوعلى لايجوزلآنه لاضرورة الى تلويث بدنه وبه جزم المحب الطبرى تفقها.
18. S O A L :
Sebagian lantai masjid atau mushola terkena
air kencing, kemudian lantai tersebut di lewati orang yang basah kaki nya,wajibkah membasuh seluruh lantai yg di lewati atau hanya
yg terkena najis saja?
J A W A B :
Tidak
wajib membasuh seluruh lantai, akan tetapi
yang wajib dibasuh Hanya lantai
yg kena najis saja .
Keterangan
: Bughyatul Mustarsyidin . hal 16 .
وعبارته : قطرات بول متفرقات وقعت بمسجد ومرناس
في المحل مع ترطب أرجلهم
لم يجب الا غسل محل البول فقط لا كل المحل للشكّ في تنجسه.
1. Menurut versi kitab Fiqih al- islami
adalah 270 liter.
Ukuran dua qulah jika menggunakan
tempat yang berbentuk persegi
adalah 1,25 dzira’ x 1,25 dzira’ x 1,25 dzira’. Satu dzira’ standar menurut kebanyakan Ulama’ adalah : 48 cm
sehingga 1,25 dzira’ adalah 60 cm. Jadi
ukuran dua qulah adalah 60 cm x 60 cm x 60 cm ( p x l x t ) = 216.000 cm untuk
ukuran dua qulah dalam tempat yang berbentuk
persegi.
سلم التوفيق ص ۲۱
فتح
الوهاب - (ج 1 / ص 35
19. S O A L :
Bagaimana hukumnya air yang berubah karena kemasukan benda yang tidak bisa menyatu (campur) dengan air dan benda yang bisa menyatu dengan air, kemudian timbul keraguan, apakah berubahnya karena benda yang tidak bisa menyatu atau karena benda yang bisa menyatu?
J A W A B :
Air tersebut tetap suci dan mensucikan, karena sifat mensucikan (Thohuriyah )air itu tidak bisa hilang karena keraguan.
Bagaimana hukumnya air yang berubah karena kemasukan benda yang tidak bisa menyatu (campur) dengan air dan benda yang bisa menyatu dengan air, kemudian timbul keraguan, apakah berubahnya karena benda yang tidak bisa menyatu atau karena benda yang bisa menyatu?
J A W A B :
Air tersebut tetap suci dan mensucikan, karena sifat mensucikan (Thohuriyah )air itu tidak bisa hilang karena keraguan.
Keterangan : Al Bajuri,
juz 1. hal
33.
البجورى الجزء الأول ۳۳
وعبارته: لووقع في الماء مجاورومخالط وتغير وشككنا هل تغير بالاوّل او بالثاني فهو طهور لأنا
لانسلب الطهورية بالشّك
اهــ
Ukuran dua qulah :
Air dianggap
banyak jika ukuranya mencapai
dua qulah atau lebih. Meskipun terkena najis, air yang banyak dihukumi suci dan mensuci kan dengan
catatan tidak mengalami perubahan (warna,bau dan rasa)
Yang
menghilangkan nama kemuthlakan air. Adapun
ukuran dua qulah adalah ukuran
taqriby (kira-kira ) bukan tahdidy (pasti), sehingga para Ulama’
berbeda-beda dalam menghitungnya :
2.
Menurut versi kitab taqrirot al-sadat
adalah 217 liter.
3. Menurut
versi kitab fathul qorib dan Fathul qodir adalah 174,58 liter.
Namun jika kita membuat tempat wudlu yang
berbentuk persegi hendak nya sisinya
lebih 60 cm, karena jika hanya 60 cm, maka air yang terdapat dalam tempat itu untuk bisa dikatakan dua
qulah harus full 100% memenuhi tempat itu. Karena dua qulah adalah 500 ritl bagdad, sedangkan satu
ritl bagdad versi
Imam Nawawi adalah 349, 16 gr.
Maka
dua kulah =
500 x 349,16 gr
= 174.580 gr =
174,58 kg = 174,58 liter air murni.
Adapun
berdasarkan ukuran tempat yang
berbentuk persegi empat , maka : tinggi
= 1,25 dzira’. Lebar 1,25 dzira’
dan panjang 1,25 dzira’. Sedangkan versi Imam Nawawi
satu dzira’ adalah 44,72 cm 1,25 x 44,72 cm = 56 cm. Isi = 56 cm x 56 cm
x56 cm = 175,616 cm. Isi =175,616 dm. Isi dua kulah =175,616 liter air murni.
20. S O A L :
Mulai berapa tahunkah seorang
anak apa bila di sentuh membatalkan wudlu ?
J A W A B :
Umur 7 tahun
Ittifaq ( Ulama` sepakat ) membatalkan .
Adapun umur 6
tahun khilaf, umur 5 tahun
ittifaq belum membatalkan. Demikian ini
bila tdk syahwat, tetapi apabila syahwat tetap membatalkan, walaupun masih umur
5 tahun.
Keterangan dari
kitab : Sulam taufiq
hal 21 .
قال شيخنا يو سف السنبلاوينى فإذابلغ الولد سبع
سنين فإنه ينقض باتفاق ذكرا كان اوأنثى واذا بلغ خمس سنين فلا ينقض باتفاق واما
اذابلغ ست
سنين ففيه خلاف فقيل ينقض وقيل
لا وهذا رجع الى طباع الناس حتى ان الولد
الذى بلغ خمس سنين فقط ينقض لمن يشتهيه ولا ينقض لغيره انتهى
20. S O A L : Bagaimana hukumnya
bersuci memakai air
yang sudah di rebus ?
J A W A B : Hukumnya
boleh.
Keterangan kitab
: Al Bajuri, juz
1. hal 30
الباجورى ا
ص 30
وعبارته:وانمايكره شرعا بقطر حار فى اناء منطبع الا اناء
النقدين لصفاء جوهرهما واذا برد زالت الكراهة (قوله زالت الكراهة) اى
وان سخن بالنار بعد ذلك فلا تعود الكراهة
21. S O A L :
Minyak rambut itu apa menjadi mani’ nya ( pencegah )
air untuk bersuci ?
J A W A B :
Tafsil : Apa bila kental maka jadi mani’, kalau cair maka tidak jadi mani’ (
penghalang )
Keterangan : kitab
I’anatut Tholibin Juz 1
hal 35
هامش اعانة الطالبين جز 1
ص۳۵
رابعها: (أن
لا يكون على العضو حائل) بين الماء والمغسول، (كنورة) وشمع ودهن جامد وعين حبر
وحناء، بخلاف دهن جار أي مائع - وإن لم يثبت الماء عليه وأثر حبر وحناء
22. S O A L :
Ada orang umur
50 tahun diketahui selama umur
nya wudlunya ( tidak sah ). Orang tersebut
apakah wajib mengqodo’
sholatnya ?
J A W A B :
Wajib mengqodo’ sholat nya.
Keterangan : 1. I’anatut
Tholibin juz 1
hal 27.
2. Bughyatul
Mustarsyidin hal 50.
هامش اعانة الطالبين جز 1 ص27
وعبارته) فصل) في شروط الصلاة.الشرط
ما يتوقف عليه صحة الصلاة، وليس منها.وقدمت الشروط على الاركان لانها أولى
بالتقديم، إذ الشرط ما يجب تقديمه على الصلاة واستمراره فيها.
شروط الصلاة خمسة: أحدها: طهارة عن حدث وجنابة الطهارة:
لغة)، النظافة والخلوص من الدنس.وشرعا: رفع المنع المترتب على الحدث أو
النجس.(فالاولى) أي الطهارة عن الحدث: (الوضوء) هو - بضم الواو - استعمال
الماء في أعضاء مخصوصة مفتتحا بنية.
وبفتحها: ما يتوضأ به.وكان ابتداء وجوبه مع
ابتداء وجو ب المكتوبة ليلة الاسراء.(وشروطه) أي الوضوء كشروط الغسل خمسة.أحدها:
(ماء مطلق)،فلا
يرفع الحدث ولا يزيل النجس ولا يحصل سائر الطهارة - ولو مسنونة - إلا الماء
المطلق، وهو ما يقع عليه اسم الماء بلا قيد، وإن رشح من بخار الماء الطهور المغلى،
أو استهلك فيه الخليط، أو قيد بموافقة الواقع كماء البحر.
بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي - ص 51
)مسألة: ك): صلى صلاة وأخلّ ببعض أركانها و شروطها ثم علم الفساد لزمه
قضاؤها مطلقاً، إلا إن كان ما أخلّ به مما يعذر فيه الجاهل بجهله مما قرر في كتب
الفقه.
23. S O A L :
Menggambar atau mentato
anggota badan itu bagaimana
hukumnya?
J A W A B :
Hukumnya
haram.
Keterangan : - Kitab Minhajul
Qowim hal 141.- kitab
kurdi juz 1 hal 109.
:منهج القويم ص 141
ويحرم وصل الشعروتفليج الاسنان والوشم لانه صلى
الله عليه وسلم لعن فاعل ذالك والمفعول به.
كردي ج 1 ص109
[قوله والوشم]هو
غرزالجلد بالابرة حتى يخرج الدم ثم يذر
عليه ما
يحشى به
المحل من نيلة اونحوها ليزرق او ليسود.
24. S O A L :
Apa perbedaannya
madzi, wadi, mani,? Dan apakah
mewajibkan mandi?
J A W A B :
Madzi adalah air
putih atau kuning
cair ( encer ) biasanya keluar
ketika bangkitnya syahwat namun
tidak syahwat yang
kuat.
Wadi adalah air putih
keruh kental biasanya keluarnya
setelah kencing atau ketika
membawa barang yang berat.
Mani adalah air yang
keluar dengan tadafuq ( muncrat –
muncrat ) , merasa ni’mat ,
berbau adunan roti ,
manggar kurma ( mani yang basah )
atau berbau putihnya telor ( mani yang
kering ).
Madzi dan wadi najis
tidak mewajibkan mandi.
Mani tidak najis akan
tetapi mewajibkan mandi.
Keterangan : I’anatut
Tholibin juz 1. hal 83.
هامش اعانة الطالبين جز 1
ص 70
وعبارته : )ومذي) بمعجمة، للامر بغسل الذكر منه، وهو
ماء أبيض أو أصفر رقيق، يخرج غالبا عند ثوران الشهوة بغير شهوة قوية.) وودي) بمهملة، وهو ماء أبيض كدر ثخين، يخرج
غالبا عقب البول أو عند حمل شئ ثقيل.
ويعرف) المني (بتدفق) له (أو لذة) بخروجه، وإن لم يتدفق
لقلته (أو ريح عجين) وطلع نخل (رطبا أو) ريح (بياض بيض جافا) وإن لم يتدفق ويتلذذ
به كأن خرج ما بقي منه بعد الغسل ورطبا وجافا حالان من المني.
25 . S O A L :
Menyentuh / sentuhan dengan
anak kandung yang
sudah pindah agama lain apa
bisa membatalkan wudlu ?
J A W A B : Tidak bisa , karena beda agama itu tidak bisa
menghilangkan status sebagai anak.
Keterangan : Hamis Bajuri juz 1.
hal 69.
Hamis Bajuri juz 2
hal 110
هامش باجورى ج 1 ص 69
وعبارته : والرابع لمس الرجل المراة الاجنبية غير المحرم ولو ميتة والمراد بالرجل والمراة ذكر وانثى بلغا حد الشهوة والمراد بالمحرم من
حرم نكاحها
لاجل نسب اورضاع اومصاهرة.
هامش باجورى ج 2 ص 110
وعبارته : [ قوله والبنت ]وان سفلت وضابطها أن
تقول كلّ من ولدتها او ولدت من ولدها ذكرا كان
او أنثى.
26. S O A L
Menyentuh / sentuhan dengan bapak
/ ibu tiri
apa membatalkan
Wudlu?
J A W A B :
Tidak membatal kan wudlu.
Keterangan : Kitab
Bajuri juz 1 hal
70.
وعبارته : والرابع لمس الرجل المراة الاجنبية غير
المحرم ولو ميتة والمراد بالرجل
والمراة ذكر وانثى بلغا حد الشهوة عرفا.
والمراد بالمحرم من حرم نكاحها لاجل نسب اورضاع اومصاهرة.(
قوله او
مصاهرة ) اى ارتباط يشبه القرابة كما في
ام الزوجة وبنتها وزوجة الاب وزوجة
الابنى.
0 Tanggapan:
Posting Komentar
Mohon Di Isi