Kitab Kuning Menjawab (Bab Thoharoh)

BAB  1
THOHAROH


1.S O A L :  Berapa tahun tandanya orang baligh ?
J A W A B :
Ada tiga :
1. Umur lima belas tahun bagi pria & wanita
2. Mimpi keluar mani bagi  pria & wanita.
3. Haidh bagi wanita yg telah umur 9 tahun
        
Keterangan :   Kitab Hamis Kasifatu saja hal 16.              
وعبارته :  علامات البلوغ   ثلاث : تمام  خمس عشرة سنة  في الذّ كر  والانثى  والاحتلام  في  الذكر  والانثى  لتسع  سنين .  والحيض  في  الأنثى تسع  سنين

2.S O A L:
Menggosok anggota wudlu dengan kaki apakah dapat menghasilkan Kesunahan?
J A W A B : Dapat menghasilkan kesunahan.

Keterangan :
1. Madzahibul arba’ah juz 1 hal 112 – 113.
2. Al jama juz 1 hal 1
وعبا رته :  فلود لك  جزاء  من جسمه  بدراعه  اووضع احد رجله على الاخر ودلكها بهافانه يجزئه ذالك ولا يشترط في الدلك عندهم ان يكون بخصوص اليد .
                                                     
3.S O A L :Apakah terkejut bisa membatalkan wudhu ?                                    
 J A W A B : Tidak membatalkan  wudhu,  karena  terkejut  tidak  menghilangkan  Akal.
 
Keterangan : Hamisyi Ia’nah juz 2 hal
وعبارته  :  وثمنها   [ جلوس بينهما ]  السجدتين  ولو  في  نفل  على  المعتمد ويجب ان لايقصد  برفعه  غيره فلو رفع  فزعا من  نحولسع عقرب اعاد السّجود. هـ 
ها مش اعانة الطا لبين  الجز  ۲   ص  ۱٦٦
4. S O A L :
Tafsir  yang  jumlah hurufnya lebih sedikit dari  huruf Alqur ‘annya kemudian diberi ma’na gandul sehingga hurufnya melebihi alqur’an apa kah tetap haram jika dipegang  atau dibawa  orang yang hadas ?
J A W A B :
 Tetap  haram  karena  ma’na  gandul   tidak   sama   dengan   tafsir.

 Keterangan : Nihayatuzzain hal 33.
وعبارته: ونصه :  اما ترجمة   المصحف  المكتوب  تحت  سطوره فلا تعطى حكم التّفسير بل  تبق  للمصحف لحر مة  مسه  وحمله  كما  افتى به  السيد احمد دخلان.         
                                
5 .S O A L.
Sering dg  kemajuan tehnologi canggeh  semuanya  serba  computer  dan kini muncullah computer al qur an. Apakah computer Al qur an  sama hukum nya dengan Al qur an yang asli ?       
J A W AB.
komputer Al qur an  tidak bisa disamakan  Al qur an,  sebab  tulisan  Al quran dalam  computer  hanya merupakan  pancaran  sinar, tidak  merupakan tulisan Al qur an.

Keterangan: Nihayatul Muhtaj juz 1 hal 124.
وعبارته  :  ويوٌخد  منه انه لو  نقش  القران على خشبة  وختم بها الأ وراق بقصد القرأن وصار يقراء  الحرمة وليس في الكتا بة ما يقض بالمقض على صورة  حرف القرأن  في وراق اوقماش فلا يحرم

6. S O A L :
Batalkah wudhu nya laki2 yg menyentuh laki laki lain yang telah di
ganti  alat   kelaminya ?
J A W A B:
Tidak batal .karena telah diyakini bahwa  keadaanya tidak berubah.

Keterangan :  Bujairimi Ala khotib juz 1 hal 186 – 187.
وعبارته: وقع السؤال عما لو تطور ولي بصورة امرآة  اومسخ  رجل امرآة هل ينقض  اولا فأجيب عنه بان الظا هر في في اول عدم النقض  للقطع بان عينه لم ينقلب وانّما  الخلع من صورة الى صورة مع بقاء صفة الذكورة وامّا المسخ فالنقض به محتمل  لقرب تبدل الصفه دون العين.

7.S O A L :
Air yang kurang  dari  2  kolah untuk memelihara ikan,  apakah bisa Meng sucikan ?
J A W A B: Bisa   mengsucikan.  termasuk  najis  yang  ma’fu.

Keterangan :   Kasufatu saja. Hal 20

وعبارته : القليل حكمه يتنجس بوقع  النجسة المنجسة يقينا فيه  وان  لم يتغير الى  ان قال وخرج  بنجسه المنجسة النجس  االمعفو عنه لميتة  لادم لها سا ئل ونجس لايدركه  طرف معتدل حيث لم يحصل  بفعله الى  ان قال : والسّمك لم  يغيّر المأ ولم يضعه  فيه عبثا                            

8.S O A L:
Orang wanita yang operasi jadi orang laki2,bagaimana aurotnya ?
J A W A B Aurotnya tetap wanita.                         

Keterangan : Al Bujairimi   Al  khotib  juz  1  hal  186 - 187.    
وعبارته : وقع السوءال عما لوتطوع ولي بصورة امراة  اومسخ رجل امراة هل   نيقض اولافاجيب عنه بان الظاهرفي الآول عدم النقض للقطع بان عينه لم ينقلب, وانّما الخلع من صورة الى صورة مع  بقاء  الصفة الذكورة. واما المسخ فالنقض به محتمل  لقرب  تبدل العين مع  انّه قد يقال فيه بعدم  النقض ايضا لآحتمال تبدل الصفة دون العين . غ. ش     على . م  ر .

9. S O A L :
Bersin hingga bergerak dengan keras apakah membatalkan  wudhu            
J A W A B :
1.Tidak membatalkan, apabila gerak nya tidak di sengaja.
2. Batal apabila geraknya badan disengaja.

Keterangan :  1. Hamisy  I’anah juz 1 hal 216.
2. Kasifatu saja hal 25 – 26   
وعبارته:قال شيخنا:ويؤخذ ان من ابتلي بحركة اطرارية ينشاءعنهاعمل كثير سمخ  فيه [ قوله الوسبة الفاخشة ] وكدا تحر يك كل اليد اواكثره ولو من نقل قد ميه

10. S O A L :
Bagaimana hukum nya wanita setelah melahirkan setiap dipakai Ruku’ mengeluarkan angin dari farji / qubul.?
J A W A B : Batal sholat nya sebab wudhu nya batal.

Keterangan :Minhajul Qowim hal 15.Kasifatusaja hal 25–26
وعبارته : نواقض الوضؤ اربعة لاغير. الآول  الخارج  من احد السبيلين  يعنى خروج  شيئ من قبله  او دبره  على أي صفة  كان ولو من نحو عود اودود أخرجت  رأسها   وان رجعت وعبارته : فصل : نواقض الوضؤ  اربعة اشياء : الآول  الخرج من احد السبيلين  من قبل  اودبر ريح أي  سوء خرج  دالك   الريح من القبل اوالدبر

11. S O A L :
Seorang wanita yg keputihan apakah bisa disamakan dengan daimul hadas ? Terus bagaimana caranya melaksanakan  sholat ?
J A W A B :
Bisa disamakan daimulhadas kalau keluarnya terus menerus caranya sholat dibasuh  farji nya dulu lalu dibalut, terus  wudlu dalam waktu sholat dan cepat2  melaksanakan  sholat. tapi  kalau keluar nya tidak terus menerus,disamakan orang  kencing.
                                                                                                                                                                         Keterangan :  Fatawi kubro  Juz 1  hal 166.
وعبارته :سئل رضي الله عنه هل يؤفى عن قليل  البول وغيره من السلس وغيره أبسطوالنا الجواب فأجاب  بقوله حرج الاصحاب بأن سلس البول والمذي وغيرهما كالمستحاضة
12. S O A L :
Bagaimana hukumnya air banyak[dua qolah atau lebih] yg kejatuhan najis,  kemudian  sebagian  berubah  sebagian  tidak ?             
J A W A B : Air yg berubah hukumnya najis, sedangkan yg  tidak berubah hukumnya suci.  kalau air ter sebut ada dua qulah.
                                                                                                       
Keterangan ;     Kitab.  Fathil Wahab jus 1  hal. 4. 
وعبارته: أمّااذا غيّربعضه فالمتغيّر نجس وكذا الباقي ان لم يبلغ قلتين.اهـ

13. S O A L :
Bagaimana hukumnya air sedikit yg digunakan untuk memelihara ikan dan ikan tersebut mengeluarkan kotoran di dalam nya ?
J A W A B : 
Hukum nya air tersebut najis, Akan tetapi dima’fu bila air tersebut tidak   berubah  dan  pemeliharaan  ikan   tersebut   memiliki   tujuan (tidak main main.) 
        
Keterangan ; Kitab Kasifatus Saja hal. 20
وعبارته : وخرج بالنجاسة المنجسة النجس المعفوعنه كميتةلادم لها سائل الى أن قال وروث سمك لم يغير الماء ولم يضعه عبثا

14. S O A L : 
Apakah air sedikit yg sudah digunakan mandi sunat sebagai mandi jum’at di hukumi musta’mal.?                                            
J A W A B : 
Tidak dihukumi musta’mal. 
            
Keterangan ; Kitab. Minhajul Qowim hal 6.
وعبارته: ولو غمس المحدث يده في الأناء قبل غسل الوجه أوبعده وقصد الاغتراف لا يصير مستعملا
15. S O A L : 
Ada orang mandi atau wudlu,setelah selesai perasaanya mamang/ragu terhadap niyatnya,hal tersebut apakah wajib kembali mandi/wudlu lagi?           
J A W A B : 
Wajib kembali mandi atau wudlu lagi .

Keterangan :   Qolyubi  Juz 1  hal 66.
وعبارته:ولوشكّ المغتسل بعدالغسل في نيته وجب اعادته كالوض
         
16. S O A L : 
Apakah di ma’fu (di maafkan) najis yg berupa darah,yg melekat pada daging,kemudian dituangi air, lalu di masak?
J A W A B : 
Di ma’fu, bila penuangan air tersebut untuk memasak,sedangkan bila tujuan nya untuk menyuci, maka tidak dima’fu.

Keterangan :   I’anatut Tholibin  juz 1 hal 83.
وعبارته: قوله لكنه اى ما  بقي على  نحو عظم قوله معفوعنه اى في الاكل وان اختلط بماء الطبخ وغيره وكان وارداعلى الماء نعم ان لاقاه  ماء لغسلة  اشترط زوال اوصافه  قبل  وضعه في القدر                                      
17. S O A L : 
Ada  seorang  yang  memakai  baju  terkena darah  nyamuk dalam keadaan  badanya basah, Apakah di ma’fu darah tersebut ?
J A W A B : 
Dalam masalah ini Ulama’ beda pendapat, menurut Imam Mutawali darah  tersebut  dima’fu, sedangkan menurut Syeh  Abu  Ali tidak di maa’fu.
             
Keterangan :  I’anatut Tholibin juz 1  hal 101 .
وعبارته : واختلف فيمالولبس ثوبافيه دم براغيث وبد نه رطب فقال المتولّى يجوزوقال ابوعلى لايجوزلآنه لاضرورة الى تلويث بدنه وبه جزم المحب الطبرى تفقها.

18. S O A L :
Sebagian lantai masjid atau mushola terkena air kencing, kemudian lantai tersebut di lewati orang  yang basah kaki nya,wajibkah membasuh seluruh lantai yg di lewati atau hanya yg terkena najis saja?               
J A W A B : 
Tidak  wajib  membasuh seluruh lantai, akan  tetapi  yang  wajib dibasuh  Hanya lantai  yg kena najis saja .
Keterangan :  Bughyatul Mustarsyidin . hal 16 . 
وعبارته : قطرات بول متفرقات وقعت بمسجد ومرناس في المحل مع  ترطب  أرجلهم لم يجب الا غسل محل البول فقط لا كل المحل للشكّ في تنجسه. 

19. S O A L :
Bagaimana hukumnya air yang berubah karena kemasukan  benda   yang  tidak  bisa  menyatu  (campur)  dengan air dan  benda  yang bisa menyatu  dengan air,  kemudian timbul keraguan, apakah berubahnya  karena  benda  yang  tidak  bisa  menyatu  atau   karena benda yang bisa menyatu?
J A W A B :
Air tersebut tetap  suci dan mensucikan, karena sifat mensucikan (Thohuriyah )air itu tidak bisa hilang karena keraguan.

Keterangan  : Al Bajuri,  juz  1.  hal   33.

البجورى   الجزء الأول   ۳۳

وعبارته: لووقع في الماء مجاورومخالط وتغير وشككنا هل تغير بالاوّل او بالثاني  فهو طهور لأنا  لانسلب  الطهورية  بالشّك  اهــ
Ukuran  dua  qulah : 
Air dianggap  banyak  jika ukuranya  mencapai  dua  qulah atau lebih. Meskipun  terkena najis, air yang  banyak dihukumi suci dan mensuci kan dengan catatan tidak mengalami perubahan (warna,bau dan rasa)
Yang  menghilangkan  nama  kemuthlakan air.    Adapun  ukuran  dua qulah  adalah ukuran  taqriby (kira-kira ) bukan tahdidy (pasti), sehingga para Ulama’ berbeda-beda dalam menghitungnya :
 1. Menurut  versi kitab Fiqih  al- islami  adalah  270 liter.
 2. Menurut  versi kitab taqrirot  al-sadat  adalah  217 liter.
 3. Menurut versi kitab fathul qorib dan Fathul qodir adalah 174,58 liter.
 Ukuran dua qulah jika menggunakan  tempat yang berbentuk  persegi adalah 1,25 dzira’ x 1,25 dzira’ x 1,25 dzira’. Satu dzira’ standar  menurut kebanyakan Ulama’ adalah : 48 cm sehingga 1,25 dzira’ adalah 60 cm.  Jadi ukuran dua qulah adalah 60 cm x 60 cm x 60 cm ( p x l x t ) = 216.000 cm untuk ukuran dua qulah dalam tempat yang berbentuk  persegi.          
Namun jika kita membuat tempat wudlu yang berbentuk persegi hendak nya  sisinya lebih 60 cm, karena jika hanya 60 cm, maka air yang terdapat dalam  tempat itu untuk bisa  dikatakan dua  qulah  harus  full 100% memenuhi tempat itu.  Karena dua qulah adalah 500  ritl bagdad, sedangkan  satu  ritl  bagdad  versi  Imam  Nawawi adalah  349, 16 gr.
Maka  dua  kulah  =  500  x  349,16 gr  =  174.580 gr  =  174,58 kg = 174,58 liter air murni. 
Adapun  berdasarkan  ukuran tempat yang berbentuk persegi empat , maka : tinggi   = 1,25 dzira’.  Lebar 1,25 dzira’ dan panjang 1,25 dzira’.   Sedangkan versi  Imam Nawawi  satu dzira’ adalah 44,72 cm 1,25 x 44,72 cm = 56 cm. Isi = 56 cm x 56 cm x56 cm = 175,616 cm. Isi =175,616 dm. Isi dua kulah =175,616 liter air murni.

20. S O A L :
Mulai berapa tahunkah seorang anak apa bila di sentuh membatalkan wudlu ?
J A W A B :
Umur  7   tahun Ittifaq ( Ulama` sepakat ) membatalkan  . Adapun   umur   6    tahun khilaf,  umur 5 tahun ittifaq belum membatalkan.  Demikian ini bila tdk syahwat, tetapi apabila syahwat tetap membatalkan, walaupun masih umur 5 tahun.

Keterangan  dari  kitab  :  Sulam taufiq  hal  21 . 
 سلم التوفيق ص ۲۱ 
قال شيخنا يو سف السنبلاوينى فإذابلغ الولد سبع  سنين فإنه ينقض باتفاق ذكرا كان  اوأنثى واذا بلغ خمس سنين فلا ينقض باتفاق واما اذابلغ ست سنين ففيه خلاف فقيل ينقض وقيل لا  وهذا رجع الى طباع الناس حتى ان الولد الذى بلغ خمس سنين فقط ينقض لمن يشتهيه ولا ينقض لغيره انتهى

20. S O A L Bagaimana   hukumnya   bersuci  memakai   air  yang   sudah di  rebus ?
J A W A B :   Hukumnya  boleh.

Keterangan  kitab  :  Al Bajuri,  juz  1.  hal   30
الباجورى ا  ص 30
وعبارته:وانمايكره شرعا بقطر حار فى اناء منطبع الا اناء النقدين  لصفاء جوهرهما  واذا برد زالت الكراهة (قوله زالت الكراهة) اى وان سخن بالنار بعد ذلك فلا تعود الكراهة

21. S O A L :
Minyak   rambut  itu  apa  menjadi  mani’ nya  ( pencegah )  air untuk bersuci  ?
J A W A B :
Tafsil : Apa  bila kental  maka  jadi  mani’,  kalau  cair  maka   tidak jadi mani’ ( penghalang )

Keterangan  :  kitab  I’anatut Tholibin  Juz    1  hal  35 
هامش اعانة الطالبين  جز 1   ص۳۵
رابعها: (أن لا يكون على العضو حائل) بين الماء والمغسول، (كنورة) وشمع ودهن جامد وعين حبر وحناء، بخلاف دهن جار أي مائع - وإن لم يثبت الماء عليه   وأثر حبر وحناء 
22. S O A L :
Ada  orang  umur 50 tahun  diketahui  selama  umur nya  wudlunya    ( tidak sah ). Orang  tersebut  apakah  wajib   mengqodo’ sholatnya ?
J A W A B :
Wajib mengqodo’ sholat nya. 
Keterangan : 1. I’anatut Tholibin  juz  1  hal  27.
                     2. Bughyatul Mustarsyidin  hal  50.

هامش اعانة الطالبين  جز 1   ص27 
وعبارتهفصل) في شروط الصلاة.الشرط ما يتوقف عليه صحة الصلاة، وليس منها.وقدمت الشروط على الاركان لانها أولى بالتقديم، إذ الشرط ما يجب تقديمه على الصلاة واستمراره فيها.
شروط الصلاة خمسة: أحدها: طهارة عن حدث وجنابة الطهارة: لغة)، النظافة والخلوص من الدنس.وشرعا: رفع المنع المترتب على الحدث أو النجس.(فالاولى) أي الطهارة عن الحدث: (الوضوء) هو - بضم الواو - استعمال الماء في أعضاء مخصوصة مفتتحا بنية.
وبفتحها: ما يتوضأ به.وكان ابتداء وجوبه مع ابتداء وجو ب المكتوبة ليلة الاسراء.(وشروطه) أي الوضوء كشروط الغسل خمسة.أحدها: (ماء مطلق)،فلا يرفع الحدث ولا يزيل النجس ولا يحصل سائر الطهارة - ولو مسنونة - إلا الماء المطلق، وهو ما يقع عليه اسم الماء بلا قيد، وإن رشح من بخار الماء الطهور المغلى، أو استهلك فيه الخليط، أو قيد بموافقة الواقع كماء البحر. 
بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي -  ص 51
)مسألة: ك): صلى صلاة وأخلّ ببعض أركانها و شروطها ثم علم الفساد لزمه قضاؤها مطلقاً، إلا إن كان ما أخلّ به مما يعذر فيه الجاهل بجهله مما قرر في كتب الفقه.

23. S O A L :
Menggambar  atau mentato  anggota   badan  itu bagaimana  hukumnya?
J A W A B : 
Hukumnya  haram. 
Keterangan : - Kitab  Minhajul  Qowim  hal  141.- kitab kurdi  juz  1 hal 109.

:منهج القويم ص 141
ويحرم وصل الشعروتفليج الاسنان  والوشم  لانه صلى الله عليه وسلم لعن فاعل ذالك والمفعول به.        
كردي ج 1 ص109
[قوله والوشم]هو غرزالجلد بالابرة حتى يخرج الدم ثم  يذر عليه ما  يحشى به  المحل من نيلة  اونحوها  ليزرق او ليسود.

24. S O A L :
Apa  perbedaannya  madzi, wadi, mani,?  Dan  apakah  mewajibkan mandi? 
J A W A B :
Madzi  adalah air  putih  atau   kuning  cair ( encer ) biasanya  keluar ketika  bangkitnya  syahwat namun  tidak  syahwat  yang  kuat. 
Wadi adalah air putih keruh kental  biasanya  keluarnya  setelah  kencing  atau ketika  membawa  barang yang berat. 
Mani adalah  air yang  keluar dengan  tadafuq ( muncrat – muncrat )  , merasa  ni’mat ,  berbau  adunan  roti ,  manggar  kurma ( mani yang basah ) atau  berbau  putihnya telor  ( mani yang  kering ). 
Madzi dan wadi   najis   tidak mewajibkan  mandi.
Mani tidak najis akan tetapi mewajibkan mandi.   

Keterangan : I’anatut Tholibin  juz  1. hal 83.                
هامش اعانة الطالبين  جز 1   ص 70 
وعبارته : )ومذي) بمعجمة، للامر بغسل الذكر منه، وهو ماء أبيض أو أصفر رقيق، يخرج غالبا عند ثوران الشهوة بغير شهوة قوية.) وودي) بمهملة، وهو ماء أبيض كدر ثخين، يخرج غالبا عقب البول أو عند حمل شئ ثقيل.
 فتح الوهاب - (ج 1 / ص 35
ويعرف) المني (بتدفق) له (أو لذة) بخروجه، وإن لم يتدفق لقلته (أو ريح عجين) وطلع نخل (رطبا أو) ريح (بياض بيض جافا) وإن لم يتدفق ويتلذذ به كأن خرج ما بقي منه بعد الغسل ورطبا وجافا حالان من المني.

25 . S O A L :
Menyentuh / sentuhan   dengan   anak  kandung  yang  sudah pindah agama  lain apa bisa  membatalkan wudlu ?
J A W A B :  Tidak bisa , karena beda agama itu tidak bisa menghilangkan status sebagai anak.

Keterangan : Hamis Bajuri  juz  1. hal  69.
                     Hamis Bajuri  juz  2 hal  110 
هامش باجورى ج 1 ص 69
وعبارته : والرابع لمس الرجل المراة  الاجنبية غير المحرم ولو ميتة والمراد  بالرجل والمراة  ذكر وانثى بلغا حد الشهوة والمراد بالمحرم من حرم نكاحها لاجل نسب اورضاع اومصاهرة.

هامش باجورى ج 2 ص 110
وعبارته : [ قوله والبنت ]وان سفلت وضابطها أن تقول كلّ من ولدتها او ولدت  من ولدها  ذكرا كان  او أنثى.

26. S O A L 
Menyentuh / sentuhan dengan  bapak  /  ibu  tiri  apa  membatalkan
Wudlu?
J A W A B :  
Tidak membatal kan wudlu.

Keterangan :  Kitab  Bajuri  juz 1  hal  70.
 وعبارته : والرابع لمس الرجل المراة  الاجنبية غير المحرم ولو ميتة والمراد  بالرجل والمراة  ذكر وانثى بلغا حد الشهوة عرفا. والمراد بالمحرم من حرم نكاحها لاجل نسب اورضاع اومصاهرة.( قوله او مصاهرة ) اى ارتباط يشبه  القرابة  كما في  ام الزوجة وبنتها  وزوجة الاب وزوجة الابنى.

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Mohon Di Isi