BAB 2
SHOLAT
11. S O A L :
Mendengar
adzan dari radio atau tip itu wajib dijawab apa tidak?
J A W A B : Mendengar adzan dari radio yg asli suara manusia langsung
/ bukan Kaset sunah di jawab.tapi kalau mendengar adzan dr kaset tidak Sunat di jawab dianggab suara dari benda padat
yang tidak ber akal
Keterangan
: Ahkamul fuqohak juz 3. hal 46 – 47 .
وعبارته : واما السلآم من تيفى اوردي اوجرامافون فلأ يجب رده حيث اعتبر صوتهما بصوت الجمادات
الغير العاقلآت . ويجب الرد ادا سمعه من الا دعاء لان صوت الاّداعة صوت المسلم بعينه .
12.S O A L :
Sholat
jama ah ,setelah salam kelihatan bahwa
imam nya sholatnya Tidak sah .bagaimana
sholatnya ma’mum sah atau tidak ?
J A W A B :
Hukum sholatnya ma’mum ditafsil.
1.Apabila
tidak sahnya imam karena hadas
atau najis hukmiyah,
Sholatnya ma’mum jadi sah.
2.Kalau
tidak sah nya imam karena lain dr hal tersebut,seperti imam
Kafir/Gila /ada najis ‘ainiyah,maka
sholatnya ma’mum tidak sah.
Keterangan
: Nihayatuzzain hal 130 .
وعبارته:والحاصل انه
لو بان امامه كافرا ولو مخفيا كفره كزنذيق اوحنثى اومجنونا او اميا قادرا على التعلم الى قوله : وجبت الآعادة ان بان بعد الفراغ من
الصلآة.
قوله [لأ ان بان مامه ذاحدث ولواكبر اوخبث] أي ذا نجسة خفية وهي الحكمية التى لايدرك لهماطعم ولالون ولا ريح الى قوله: اما لوبان امامه ذا نجاسة ظاهرة وهي :العينيه فانه تلزمه الآعادة.
قوله [لأ ان بان مامه ذاحدث ولواكبر اوخبث] أي ذا نجسة خفية وهي الحكمية التى لايدرك لهماطعم ولالون ولا ريح الى قوله: اما لوبان امامه ذا نجاسة ظاهرة وهي :العينيه فانه تلزمه الآعادة.
13.
S O A L
Orang
sholat lilhurmatil wakti ma’mum kepada orang sholat biasa
Apakah
dapat memperoleh fadhilahnya berjama’ah
?
J A W A B
:
Dapat memperoleh fadilah nya berjama ‘ah.
Keterangan.
1Syarqowi juz 1 hal 322.2.Kasifatusaja hal 82
وعبارته :[قوله المؤدة ]يستثنى
فيها الصلآة التى وجبت لحرمة الوقت مع وجوب اعادتها . فالجمعة
سنة فيها .وعبارته : ولا يضر اختلاف نية الامام والمآموم لعدم فخش المخالفة فيهما.فيصح اقتداء المفترض بالمتنفل والمؤدى بالقاضى وفي طاويلة بقصيرة لظهربصبح وبالعكوس لكنه مكروه ومع
ذلك تحصل فضيلة الجماعة قال : السويقى والكراهة لاتنقى الفضيلة .
سنة فيها .وعبارته : ولا يضر اختلاف نية الامام والمآموم لعدم فخش المخالفة فيهما.فيصح اقتداء المفترض بالمتنفل والمؤدى بالقاضى وفي طاويلة بقصيرة لظهربصبح وبالعكوس لكنه مكروه ومع
ذلك تحصل فضيلة الجماعة قال : السويقى والكراهة لاتنقى الفضيلة .
14.
S O A L :
Apakah
ada qoul yg menganjurkan orang wanita
berjama’ah di Masjid atau Mushola
lebih utama daripada dirumah ?
J A W A B :
Ada
bahkan qoul mu’tamad.tapi wanita yang sudah tua atau aman Dari fitnah Juga dari pada sholat
sendirian dirumah,bukan
dari pada sholat jama’ah dirumah.
Keterangan
: Albujairimi ‘Ala Syarqowi Minhajitulab juz 1. Hal 391.
Mahali
juz 1 hal 227. Muhadzab juz 1 hal 139.
وعبارته:ويكره
حضورهن المسجدفي جماعة الرجال ان كن مشتهيات خوفا لفتنة.
[قوله ويكره حضورهن المسجد ] اى محل الجمعة ولو مع غيرالرجال فذكرالمسجد
والرجال للغالب الخ ..
ويسن الحضور للعجا ئز على المعتمد كالعيد وحينئذ تكون الجماعة في المسجدلهن افضل
من الانفراد في البيت.اهـ
[ برماوى وقال وعبارة شرح م. ويكره لها اى للمرآة حضورالجماعة المسجد ان كانت
مشتهاة ولو في ثياب بذلة اوغير مشتهاة وبها شيئ من الزينة اوالريح الطيب
[قوله ويكره حضورهن المسجد ] اى محل الجمعة ولو مع غيرالرجال فذكرالمسجد
والرجال للغالب الخ ..
ويسن الحضور للعجا ئز على المعتمد كالعيد وحينئذ تكون الجماعة في المسجدلهن افضل
من الانفراد في البيت.اهـ
[ برماوى وقال وعبارة شرح م. ويكره لها اى للمرآة حضورالجماعة المسجد ان كانت
مشتهاة ولو في ثياب بذلة اوغير مشتهاة وبها شيئ من الزينة اوالريح الطيب
15.
S O A L :
Ketika
sholat berjama’ah batuk lalu mengeluarkan riya’ apakah boleh di ludahkan
?
J A W A B : Tafsil :
1.
Boleh diludahkan apabila bertempat diselain Masjid.dan di ludahkan di sebelah kiri atau bawah
telapak kaki.
2.
Makruh apabila diludahkan sebelah kanan.
3. Harom
apabila bertempat di masjid atau mengenai bagian masjid.
Keterangan
: Minhajul Qowim hal 55.
وعبارته : ويكره الالتفات ببوجهه الح الى .. وان
يبصق في الغير المسجد عن يمينه اوقبالته
وان كان خارج الصلاة للنهى عن ذالك بل يبصق عن يساره ان تيسر والا فتحت
قدمه اليسرى.
ويحرم البصاق في المسجد ان
اتصل بشيئ من اجزائه للخبر الصحيح انه خطيئة وكفارتها دفنها. وعبارته
:وفي لفظ اخر واجهه الله تعالى
فلاينزقى احدكم تلقاء وجهه ولا عن يمينه ولكن عن شماله او تحت قدمه اليسرى فان بادرته فليبصق في ثوبه
16. S O A L :
Bagaimana hukumnya baca an2 sebelum adzan ?
J
A W A B :
Keterangan
:1.Hamisy I’anah juz 1 hal 242 .2Bugyah hal
37
وعبارته
: وتسن الصلاة على النبي صلعم . قبل الاقامة على ما قاله النواوي في شرح الوسط واعتمده شيخنا ابن زياد وقال:اما قبل الاذان
فلم ار في ذالك
شيئا.وقال الشيخ البكري : انها تسن قبلهما ولا تسن محمد رسول الله بعدهما .
17. S O A L :
Apabila
masuk masjid belum sholat tahiyatal masjid lalu ada adzan, Hal tersebut yang baik jawab adzan atau
sholat dulu ?
J A W A B “
Yang
baik jawab adzan dulu dengan berdiri hingga selesai
adzan
Keterangan
: 1. Fathul Wahab hal 35. 2. Fathul
Mu’in 32.
3.
Bugyatul musytarsyidin hal 37.
وعبارته
: وتسن[ لسمعهما] اى لسمع المؤذن والمقيم قالوا ولو محدثا حداثا اكبر [مثل قولهما] لخبر مسلم :اذا سمعتم المؤذن فقولوامثلما يقول ثم صلواعلي
ويقاس بالمؤذن المقيم وهو من زيادتى[ الا في حيعلات وتثويب وكلمتى اقامة فيحوقل]
18. S O A L :
Mushola
yg untuk jum‘atan tapi belim diwaqofkan Masjid, apakah Boleh untuk
sholat tahiyatal Masjid ?
J A W AB
: Tidak boleh.
Keterangan
: Syarqowi juz 1 hal 304 .
وعبارته
: ويشترط تيقن المسجدية
بل يكفي غلبة
ظنها ولو بالاجتهاد
فتطلبالتحيّة لما هوعلى صورة مسجد كالزوايا في القرى
ولا
كونه خالص المسجدية فتطلب في
المشاع وان قل البعض
الذى جعل مسجدا لأن
ما من جزء الا وفيه مسجديةوغيرها بخلاف
الاعتكاف فلا يصح في ذالك لانه يشترط فيه ان
يقع في مسجد خالص المسجدية.وخرج بالمسجد المدرس والربط وما في الاراض المحتكرة وما في سوا حل الآنهار
وما في الآراض الموقوفة اوالمسبلة لدفن الموتى مثلا .
19. S O A L :
Sholat
jama ‘ah dg wanita lain yg masih muda itu lebih baik mana Dari pada
sholat sendirian ?
J a w a b : Lebih baik sholat sendirian.
Keterangan
: Muhadzab juz 1 hal 98
.
وعبارته
: ويكره ان يصلى الرجل بامرأة اجنبية
20. S O A L
Bagaimana
hukumnya jum ‘atan di pesawat/ kapal laut ?
J A W A B : Tidak sah jum’atanya .
Keterangan
: Hamisy I’anah juz 2 hal 54
وعبارته :ويجب على مقيم بمحل اقامتها غير متوطن
الى ان قال . ولكن لاتنعقد الجمعة به من مقيم غير متوطن ولا بمتوطن خارج
بلد اقامتها وان وجبت
عليه
بسماعهالنداء منها
21. S O A L :
Bagi
jama’ah haji yg mukim lebih 4 hari di Makah dan akan pergi kemina, apakah boleh menjama’ sholat nya
sementara jarak antara Makah dan mina
kurang dari dua markalah ?
J A W A B
:
Tidak boleh namun ada qoul yg memboleh kan .
Keterangan
: Bughyatul Musytarsyidan hal 77 .
وعبارته
: [ فائدة ] لنا قول يجز الجمع
في السفر القصير. اختاراه البندانيجى وظاهرالحديث: جوازه ولو في الحضركما في شرح مسلم. وحكى الخطابى عن ابي اسحاق جوازه في الحضر للحاجة وان
لم يكن خوف ولامطر ولامرض وبه قال ابن
المنذر. اهـ
22.S O A L :
Imam
batal diwaktu sujud, bagaimana cara menggantinya ?
J A W A B :
Caranya
salah satu dari ma’mum langsung maju dalam
keadaan sujud.
Keterangan
: 1. Anwarul masalik hal 73. Al Um juz 1
hal 17
.
وعبارته
: ومتى قطع الامام صلاته بحدث اوغيره فله استخلاف من يتمها بشرط صلاحيته لامامه
هذه الصلاة.فآن فعلوا ركناقبل الاستخلاف آمتنع الاستخلاف فان كان الخليفة مآموما جاز استخلافه مطلقا ويراعى المسبوق نظم الامام فاذا فرغ منه قام واشارليفارقه
اوينتظروه وهو افضلوان جهل نظم الامامراقبهم فان هموا بالقيام. والأ قعد
وان كان الخليفة غير مآموم جاز في الآولى وفي الثلثة
من الرباعية لافي الثنية
والرابعة. وعبارته: اذا ام الرجل القوم فذكر أنه غير طهر اونتقضت طهارته
فانصرف فقدماخرولم يتقدمه فقدمه بعض المصلين خلفه وتقدم هومتطوعا بنى على صلاة الامام .
23.S O A L :
lebih dari 4 hari, bolehkah orang tersebut niyat mukim 3 hari sehigga
boleh Melakukan jama’ dan qosor sholat ?
J A W A B : Tidak boleh.
Keterangan
: I’anah juz 2 hal 101 .
وعبارته :
واما اذاكان له حاجة فانلم يتوقع انقضاؤها قبل اربعة ايام بل جزم بآنها
لاتقضى الآ بعداربعة انتهى سفره بمجرد المكث والاستقرار سواء نوى بعد الوصول ام لا . اهـ .
24. S O A L :
Mengerjakan
sholat witir 3 roka
at salam, boleh kah dia menambah 8.Roka
at untuk menyempurnakan sebelas roka
at ?
J A W A B :
Dalam
hal ini terjadi perbedaan pendapat,menurut Imam Albakri &
Ibnu
Hajar boleh, sedangkan menurut Imam Romali tidak boleh.
Keterangan
: Bugyatul Musytarsyidin hal 6
وعبارته
: ولواوتر بثلاث ثم
اراد التكميل جاز . قاله البكري وابن حجر والعمدى
وقال م . ر . لايجز . اهـ
25.S O A L :
Apakah
ada sabab lain bepergian dan hujan yang
memboleh kan
Jama’ dan qosor
sholat ?
J A W A B : Tafsil :
Menurat
Imam Syafi‘i yg memboleh kan
qosor sholat hanya bepergian
adapun yg membolehkan jama’ sholat selain bepergian dan hujan
Itu ada yaitu sakit dan takut,malah menurut Ibnu Sirin, Ibnu Mundir
Jamaa’h membolehkan jama’ fil hadhor karena ada hajat.
Keterangan
: 1. Mizan
Kubro juz 1 hal 199 .
2. Nihayatul Mujtahid juz 1 hak120.
وعبارته :
ومن ذالك قول
الشافعى بعدم جواز الجمع للمرض والخوف
مع قولاحمد بجوازه. واختاراه جماعة من متآخر اصحاب الشفعى وقال النواوي انه قوي جدا.واماالجمع
من غير خوف ولامرض فجوازه ابن سيرين لحاجة مالم يتخذ ذالك عادة وكذالك اختاراه ابن
المنذر وجماعة جواز الجمع في الحضر من غير
خوف ولا مرض ولا مطر مالم يتخذ الخ .
وعبارته
:
اماالقصر فانه اتفق العلماء على جواز قصر الصلاة للمسفر .
ٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍ
26.S O A L ;
Jum’atan
yg ma’mum nya ada 40 ketika khotbah banyak yg tidur
Sedikit
yang mendengarkan , bagaimana sholat
nya?
JAWAB :
JAWAB :
TIdak
sah sholatnya,dan jum’atan serta khotbahnya harus di ulang apabila yang tidur
mengurangi jumlah ketentuan banyaknya orang Juma’tan.
Keterangan
; Kasifatusaja hal 98 .
وعبارته:[
وتاسعها ان يسمعها اربعين ] اى ان يسمع الخطيب اركان الخطبتين للاربعين الذين تنعقد بهم الجمعة
ومنهم الامام الخ . فلايضر بنحو لغط بخلاف الصمم والبعد
والنوم الثقيل الخ .
27. S O A L :
Antara
sholat fardu dan sholat ba’diyah
apabila di selani
dengan
sholat lain apakah boleh ? apabila boleh afdhol atau
tidak ?
J A W A B :
Boleh.akan
tetapi sholat ba’diyah magrib yg afdhol di temukan / Tidak di sela – selani .
Keterangan
: Fathul Mu’in hal 31 .
وعبارته
: [ وركعتان بعد المغرب ] وندب وصلهما باالفرض ....
28.S O A L :
Dimana
tempat yang betul untuk seorang istri berjama’ah dengan
Suaminya
?
J A W A B :
Tepat
di belakang Imam agak mundur sedikit.
Keterangan
: Fathul Mu’in 36 .
وعبارته:[
وندب وقوف ذكر] ولوصبيالم يحضرغيره [عن يمين الامام] الى قوله وخرج
بالذكر الآنثى فتقف خلفه مع مزيد تأخر.
29. S O A L
:
Apa
bila ada orang belum sempat melaksanakan sholat qobliyah
Dluhur
akan tetapi jama’ah sudah di mulai,apakah sholat qobliyah
Tadi
boleh di qodho’ ?
J A W A B
:
Boleh,bahkan
bisa ada’ apabila dalam melaksanakan
sholat
qobliyah masih dalam waktu dhuhur.
Keterangan
: Bajuri juz 1 hal .
وعبارته:
واعلم انه يدخل وقت القبلية بدخول وقت
الفرض والبعدية بفعله ويخرج
وقت النوعين بخروج الوقت الفرض
ويندب قضاء هما الخ ....
30.S O A L :
Bahwasanya
harus dibaca jahr,akhirnya ia kembali baca Fatihah
Dengan jahr. Bagaimana
hukumnya baca Fatihah tersebut ?
J A W A B
:
Makruh.
Tapi sholat nya tidak batal.karena baca fatihah dg keras
Dalam
sholat Magrib,Isya’ dan Subuh termasuk sunah haiah.
Keterangan
: Kifayatul Ahyar juz 1 hal 48 .
وعبارته: والهيئات لايعود
اليها بعد تركها ولا يسجد للسهو عنها الخ ...
31.S O A L :
Duduk
Istirahat dulu dg membacatakbir,sehinggama’mumnyalang sung berdirimendahului
imam karena punya anggapan bahwa imam
nya
sudah berdiri, ma’mum tersebut sholatnya batal atau tidak?s
J A W A B :
Tidak,
karena hanya mendahului setengah rukun.
Keterangan
: Fathul Mu’in hal 38.
وعبارته:
[ وسبقه]اى المأموم [ على امام ] عامدا عالما بتمام [ ركنين فعليين]
وان
لم يكونا طويلين [مبطل] الخ ...
32. S O A L
Apakah
masih mendapatkan sunahnya mengangkat jari telunjuk bagi orang yg pada waktu
mengucapkan illalloh dalam tasyahud menga
cungkan kedua jari telunjuk kanan dan kiri ?
J A W A B :
Tidak
mendapat kesunahan bahkan hukumnya makruh.
Keterangan
: Al majmu’ juz 3 hal 455
وعبارته: يكره ان يشير بالسبابتين في اليدين لآن سنة اليسرى
ان تستمر مبسوطة
33.S O A L :
Bagaimana
hukumnya membaca sholawat ketika duduk diantara
Khothbah
dua ?
J A W A B : Bid’ah hasanah.
Keterangan
: Hasyiyah Al kurdi juz 2 hal 22 .
وعبارته:قراة
الصلاوات بين الخطبتين بدعةحسنة وتقطع المولاة بينهما اذاكانت طويلة عرفا بحيث تسع
الركعتين بأقل مجزئ.
34.S O A L :
Sholat
jum’ah jama’ahnya lebih dari 40 orang,lalu lain hari kurang
Dari 40.orang.hal tersebut apakah wajib I’adah
sholat dhuhri ?
J A W A B :
Tidak
wajib. Tapi sunah menurut qoul yang membolehkan sholat Jum’ah
kurang dari 40 orang.
Keterangan
: Fathul Mu’in hal 40
.
وعبارته:وسئل
البلقينى عن اهل القرية لا يبلغ عدادهم اربعين هل يصلون الجمعة اوالظهر ؟ واجب
رحمه الله يصلون الظهر على المذهب الشافعى وقد اجاز جمع من العلماء ان
يصلوا الجمعة وهو قوي. فاذا قلدوا اى
جميعهم من قال بهذه المقالة فانهم يصلون
الجمعة. فان احتاطوا فصلوا الجمعة ثم الظهر كان حسنا.
35.S O A L :
Apakah
ada Hadis yang menganjurkan doa’ qunut ?
J A W A B : Ada , banyak sekali.
Keterangan
: Al adzkar hal 58
.
وعبارته.[باب
القنوت في الصبح]اعلم ان القنوت في الصلاة الصبح سنةللحادث الصحيح فيه عن اتس
رضى الله عنه ان رسول الله صلى الله عليهوسلم.لم
يزل يقنت في صلاة الصبح حتى فارق الدنيا .
0 Tanggapan:
Posting Komentar
Mohon Di Isi