SOLUSI MENYIKAPI PERBEDAAN ANTAR ULAMA'
Konon,suatu ketika mu'awiyah ibn Abi Sufyan ditanya perso'alan Agama.Ia kesulitan untuk memberikan jawaban yg tepat.Tiba2 ia teringat rival politiknya,'Ali ibn Abi Thalib yang terkenal piawai dalam urusan hukum Agama.Bergegas ia mengirim surat pada musuhnya itu.Dalam suratnya ia menulis,"Ali,dlm urusan politik kita memang bermusuhan.Namun dalam pengetahuan agama aku mengakui engkau lebih tahu dan mumpuni dariku.Aku ditanya seorang begini dan begini.Lalu jawabnya apa?" cerita diatas adalah sebagian kecil kisah dari ribuan suri tauladan yg di ajarkan ulama' salaf generasi emas Islam dalam menyikapi perbedaan.Mereka tidak memandang perbedaan sebagai petaka dan pghalang untuk menjaga Ukhuwah dan brsama sama berjuang demi agma.Perbeda'an bagi mereka merupkan dinamika kehidupan dan amunisi tanpa batas sumber kreatifitas bagi kemajuan agama dan peradaban.selama masih berada dalam koridor dan batas kewajaran,perbedaan akan mereka terima dengan antusias dan tangan terbuka. Para ulama telah merumuskan tata cara dalam kaitanya dengan bid'ah.'Alawy ibn Ahmad as-saqaf menjelaskan,dlm menyikapi perbedaan antar ulama trdpat 3 rincian:

1. Bila sebagian ulama mengatakan boleh dan yang lain mengatakan haram,maka sebaiknya dihindari(tidak dilakukan).

2. Bila sebgian mengatakan wajib dan yang lain mengatakan tidak wajib (hanya boleh),maka sebaiknya dilakukan.Misal membaca basmalah dalam Al- fatihah sholat.Menurut syafi'iah hukumya wajib,sedang menurut Imam Malik hukumnya sunnah.

3. bila sebagian mengatakan disyariatkan dan yg lain mengatakan tidak,maka sebaiknya dlakukan.misal talqin. Kami sampaikan bahwa tulisan ini setidaknya dapat menjadi mukaddimah dan secercah cahaya bagi kegelapan yang meyelimuti kita karena terlalu sering kebigungan dan tak tentu arah melihat banyaknya aliran di golongan yg semuanya mengaku benar.qoola as- syafi'i:"pendapat kami benar namun masih mungkin salah. sedang pendapat orang lain keliru namun masih mungkin itu yang benar."akhirnya, Al-haqq min robbika fa laa takunanna minalmumtariin.Kebenaran berasal dari tuhanmu.maka jagnlah engkau menjadi orang yang Ragu. By aan cyssara.

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Mohon Di Isi